Mengenal Sejarah Dan Jenis-Jenis Ayam Aseel Asal India

Mengenal Sejarah Dan Jenis-Jenis Ayam Aseel Asal India

Agen Sabung Ayam – Mengenal sejarah dan jenis-jenis ayam Aseel asal India. Berbicara tentang ayam yang satu ini, para penghobi pasti akan langsung terbayang dengan postur ayam ini. Ayam Aseel atau Asil tidak hanya favorit sebagai ayam aduan tetapi juga sebagai materi untuk ternak. Postur tubuh yang kokoh dengan tulangan yang besar dan padat membuat ayam ini terlihat sangat gagah.

Mengenal Sejarah Dan Jenis-Jenis Ayam Aseel Asal India

Warna bulu Ayam Aseel terbilang khas dengan lurik atau bintik pada bagian dada yang menambah eksotis kejantanan ayam ini. Asil berasal dari bahasa Arab yang artinya murni atau ras. Ayam ini adalah jenis yang sangat tua dari area INDIA /PAKISTAN dan telah dibesarkan sebagai ayam petarung selama berabad-abad. Hal ini karena sifatnya yg sangat agresif terhadap ayam lain.

Ayam Aseel telah berkembang dan di budidayakan kurang lebih selama 3.500 tahun sebagai sabung ayam. Ayam ini telah disebutkan dalam hukum India, agama dan dalam naskah filsafat” Manusriti ” dari era tersebut. Ditemukan di salah satu naskah tertua India yang bernama ” Dharmastrastra Manu, kitab klasik yang menjelaskan tentang hukum, ketertiban dan etika yang tercatat berusia 1.500 sebelum Masehi.

Di dalam kitab tersebut tercantum dimana masa Kaisar Mughal dan beberapa Nawabs di India menjelaskan bagaimana kebiasaan dan cara membudidayakan Ayam Aseel sebagai ayam petarung.

Ayam Aseel dikembangkan sebagai ayam aduan. Ayam yang memiliki pengaruh kuat, struktur tubuh yang baik, dan mental yang berperannya dalam pengembangan keturunan yang lebih maju.

Jenis ayam ini juga dikenal berpikir cerdas, menyerang, bertahan dan taktis dalam pertarungan jangka panjang. Biasanya ayam tersebut di adu  tanpa berhenti dan sanggup melawn selama 2 jam lamanya. Hal ini terbukti kalau struktur tulang yang kuat dan daya tahan tubuh yang sempurna.

BACA JUGA : Ayam Tolaki Yang Mematikan Dari Sulawesi Tenggara

Untuk jenis ayam Asil lain nya adalah :

  • Madras Aseel yang berasal dari negara India selatan Tamil Nadu. Warga setempat menyebutnya dengan “Kattu Seval” yang memiliki ekor yang panjang dan biasanya juga untuk diadu. Ayam Madras Asil sendiri terbagi menjadi beberapa tipe : Ada yang tinggi besar, ada yang sedang dan juga berukuran pendek. Biasanya untuk ukuran yang tinggi besar bisa tumbuh hingga 32 inci. Warnanya juga bervariasi seperti warna kebanyakan ayam aduan.
  • Reza Aseel memiliki tinggi sampai 50 cm, Berat minimum 1,8 kg, berat maksimum 2,7 kg, Tipe ini distandarisasi oleh Asian Hardfeather di Inggris dan terlihat dipameran di seluruh Inggris, tapi sangat jarang. jenis asil ini mencapai popularitas di seluruh dunia karena buku-buku dan artikel yang ditulis oleh para ahli gamefowl seperti Herbert Atkinson, Siran dan Paul Derani yagala dari Sri Lanka dan Carlos Finsterbusch dari Cile.
  • Kulang Aseel  Ayam Aseel Jenis Kulang Aseel memiliki Tinggi Sampai dengan 75 cm  Berat 5 sampai 7 kg.
  • Mianwali Aseel ditemukan di distrik Mianwali Pakistan Namun sejak kedatangannya , jenis ini telah meningkat popularitasnya di Pakistan, saat ini mianwali lebih di sukai oleh para petarung dalam taruhan di kalangan.
  • Jawa Aseel adalah salah satu jenis ayam petarung yang paling banyak digunakan dan terbaik di Pakistan/India. Hal ini terutama ditemukan di wilayah Punjab, berasal dari distrik Mianwali, Jawa aseel diakui dengan warna hitam dan putih.
  • Amroha Aseel adalah jenis Aseel paling langka di Pakistan dan India. Sangat sedikit dari ayam jantan ini ada dalam bentuk murni. Mereka dikenal untuk menjadi kecil dan menengah seperti Mianwali. Jenis Amroha di akui sebagai jenis terbaik untuk petarungan jalu, jenis ini merupakan jenis idaman bagi para peternak di Pakistan dan India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *